Senin, 22 Juni 2015

BELITUNG ISLAND HOPPING

Belitung Tak Cukup Hanya Sekali

Wisata pantai ? Mungkin kebanyakan dari kita langsung teringat pada Bali. Ya...pulau Dewata sudah sangat identik dengan pantainya yang indah. Tapi jangan salah..Indonesia punya banyak pulau lain dengan pantai yang tak kalah cantik dan masih lebih bersih alami dibandingkan Bali. Salah satunya pulau Belitung.

Mengapa Belitung?

Beberapa alasan mengapa Belitung bisa menjadi tujuan berlibur :
  1. Mudah dijangkau dari Jakarta dan sekitarnya. Terbang ke Belitung dari Jakarta hanya perlu waktu 45 menit. Setiap hari ada penerbangan dari dan ke Belitung ( Tanjung Pandan). Harga tiket lebih kompetitif dibandingkan ke Bali/ Lombok. Untuk memaksimalkan waktu libur, saya sarankan mengambil penerbangan paling pagi dari Jakarta, contoh dengan pesawat Citilink pkl 05.55. Dengan begitu, kita bisa punya waktu seharian berwisata setibanya di Belitung.
  2. Sewa kendaraan di Belitung masih lebih murah dibandingkan tujuan wisata favorit lain seperti Bali, Lombok, Yogya
  3. Pantai dan pulau-pulau di Belitung mudah dijangkau dari pusat kota di mana biasanya wisatawan tinggal. 
  4. Kuliner Belitung yang khas melayu sangat menarik untuk dicoba...Mmmm saya jadi terbayang ikan bumbu kuning dan perkedel kepiting yang sangaaat menggoda selera.
Pulau-pulau di sekitar pulau Belitung ini sangat memukau dan menakjubkan. Beberapa pulau berpasir putih dan halus, membuat ingin merebahkan tubuh di atasnya. Air lautnya yang bening dan tenang sangat mengundang untuk direnangi...rugi deh kalo engga! Pulau lainnya berbatu-batu besar, membuat kita takjub akan kebesaran Tuhan dan bertanya-tanya asal muasal formasi batu seperti itu. OK..langsung saja ke TKP :

Pulau Lengkuas


Dari dermaga Tanjung Kelayang, pulau ini dicapai sekitar 15-20 menit dengan perahu kecil bermotor. Ombak yang tenang selama periode Mei-Juli, membuat perjalanan menyenangkan dan tidak bikin mabuk. Apalagi, sepanjang perjalanan kita bisa melihat keindahan alam belitung, termasuk melewati pulau Burung .

 
belitung
Pulau Burung


Laut yang masih bersih, membuat pandangan ke dasar laut sangat jelas. Kira-kira 300 meter dari pesisir pantai pulau Lengkuas, inilah tempat ideal untuk snorkeling. Biota laut masih utuh , bebas sampah, ketiadaan ombak-hanya riak riak kecil - membuat snorkeling di sini sangat menyenangkan.

belitung
Snorkeling dekat Pulau Lengkuas...Asyiiiik



belitung
Ikan-ikan di perairan yang jernih sekitar Pulau Lengkuas


Puas snorkeling, mendaratlah di pulau Lengkuas. Di sini terdapat sebuat mercu suar yang dibangun pada tahun 1882 yang masih beroperasi hingga saat ini. Pulau ini tidak berpenghuni. hanya ada penjaga suar saja, yang juga menjajakan beberapa jenis minuman ringan dan kelapa muda .
Pasir pulau Lengkuas berwarna putih, dan sangat halus, sehinnga otomatis kita ingin bertelanjang kaki di sini. Air lautnya sama beningnya dengan di lokasi snorkel. bila belum puas, anda bisa berenang di sini. di sebelah belakang pulau, di mana terdapat batu-batu besar, terdapat kolam laguna kecil di antara batu-batu yang airnya hangat...Pemandangannya sangat memanjakan mata.

belitung
Pantai Pulau Lengkuas dengan Pasir Putih



Pulau Gosong Pasir


Pulau ini sesuai namanya, hanya muncul saat air laut pasut surut. Saat kami datang, luasannya hanya tinggal 4 x 10 meter persegi saja. Segera setelah perahu disangkutkan di pasir, kami melompat turun. Di sini kita juga bisa berenang, bermain pasir putih yang sama halusnya dengan pulau lengkuas, dan yang penting berfoto sebanyak mungkin...kapan lagi, di pulau sekecil ini? bila beruntung, ada bintang laut loh.

Pulau Pasir
 
Pulau Pasir jangan dilewatkan !





Pulau Kepayang


Sebagai pulau tersbesar di antara gugusan pulau yang ada, pulau Kepayang ini dilengkapi  dengan sebuah penginapan. Ada sebuah cafe dengan pendopo yang luas, toilet berjejeran dengan shower air bersih dan kloset duduk. Cukup membayr 10.000 - dan biasanyya sudah dibayarkan oleh pemandu, kita bisa mandi, minum kopi dan teh. Kalau pesan makanan tentunya ada biaya tambahan.

Pulau Kepayang ini juga berpasir putih halus, dan anda juga bisa berenang di sini walaupun ditontoni pengunjung yang sedang duduk di cafe :)


Saran : jadikan pulau Kepayang sebagai perhentian akhir dari perjalanan island hopping di Belitung, dengan begitu setelah bermain air di pulau-pulau sebelumnya, anda bisa membersihkan diri di pulau Kepayang, dan mengganti pakaian kering sebelum menempuh perjalanan pulang ke pulau Belitung.

Pulau Kepayang

Nah, sudah jelas kan, bahwa tidak cukup hanya sekali pergi ke Belitung...Oh, cantiknya !!