Senin, 22 Juni 2015

KULINER BELITUNG

Pergi ke Belitung tanpa memanjakan lidah di sana tentunya ada yang kurang. Anda bisa mencoba seafood segar dan bahkan pempek. Olahan dengan gaya Melayu membuat makan sehari tiga kali terasa kurang. Berikut beberapa makanan yang pantas dicoba selama berwisata di Belitung:

Mie Atep


 Ya, ya, ya, ini Mie Atep yang menjadi 'menu wajib' wisatawan ke Belitung. Datanglah pagi pagi saat rumah makan ini baru buka (pukul 8), atau anda tidak akan mendapat tempat duduk. Terletak di ruko JL. Sriwijaya, No. 27, Tanjung Pandan, meja yang tersedia terbatas saja, jadi bayangkan bila rombongan bis datang untuk makan di sana.
Mie nya sendiri disajikan dengan kuah kental dan gurih, dihiasi potongan udang dan kentang. Memang khas, makanya jangan terlewatkan. 
Oya, pilih minumnya jeruk hangat atau es jeruk, karena terbuat dari perasan air jeruk kunci, sejenis jeruk kecil bercita rasa masam yang banyak tumbuh di Bangka dan Belitung.







Sup Gangan Ikan


kuliner belitung
Sup ini terbuat dari ikan keratap atau ikan kakap, dimasak dengan bumbu kuning yang sarat rempah bawang, kemiri, lengkuas, sereh, daun salam plus irisan buah nanas, sehingga berasa asam gurih pedas dan sangat kental aroma kunyit. Bau amis ikan hanya tercium samar-samar di tengah bumbu spesial tersebut. Dimakan panas-panas, sup ini sangat nikmat sebagai sajian makan malam. Kebanyakan rumah makan menyajikan menu ini. Cek dulu harganya sebelum memesan, supaya tidak kaget saat membayar (juga untuk masakan lain di rumah makan yang menunya tidak mencantumkan harga)


Masakan Melayu di Ruma Makan Belitong Timpo Duluk

 

kuliner belitung

 

Rumah makan ini terletak di Jalan Kampung Parit, Tanjung Pandan. Interior dan peralatan makan yang digunakan berciri khas setempat . Menunya ? Pindang Belitong dalam kuah kuning (pilihan : cumi/ikan/udang), sayur asam baguk, iga bakar, ayam ketumbar, ayam / ikan/ tahu bungkus simpor (ayam/ikan/ tahu bumbu rempah dibungkus daun simpor), sambal lumpang, lakse, nasi gemok, berego, dan tidak ketinggalan gangan (pilihan : ikan/cumi/udang).
Rasa masakannya mantap, dengan rempah yang kuat pada bumbu setiap panganan. Harga? Sangat terjangkau, dan semua tercantum pada buku menu sehingga tidak perlu kuatir.

Perkedel Kepiting di Rumah Makan Pribumi

Rumah makan ini terletak di Jl. MT Haryono no 17 Tanjung Pandan, menyajikan masakan rumahan khas Belitung. Menu andalannya perkedel kepiting. Perkedel dengan rasa gurih dan renyah ini terbuat dari kepiting kecil berukuran lebar 4-5 cm, yang ke dalam cangkangnya diisikan adonan campuran daging kepiting. Terkadang kulit kepitingnya cukup tipis dan bisa dimakan, tapi ada pula yang keras sehingga perlu menggunakan sendok untuk mengambil isinya.


Kopi Manggar



kopi belitung
Nah, kalau pergi ke Belitung, pastikan mampir ke Manggar yang terletak di Belitung Timur. Dari kota Tanjung Pandan perlu waktu sekitar 2 jam untuk tiba di Manggar dengan mobil, tapi anda tidak akan menyesal, karena di sana anda dapat mengunjungi Sakola Laskar Pelangi, musium kata-kata Andrea Hirata,rumah batik milik Gubernur DKI Bapak Ahok, dan tentunya mampir di salah satu warung kopi .


Sejarah kopi Manggar berawal dari budaya para nelayan setempat yang mana pada pagi hari sepulang melaut senang berkumpul dan bersosialisasi sesama warga. Tempat yang cocok untuk kegiatan itu tentunya warung kopi. Jadilah bertebaran warung kopi di sepanjang Manggar. Pesanlah es kopi susu dan pisang goreng , dan nikmati pengalaman menyeruput kopi seperti para nelayan. Jangan salah, kopinya sangat harum dan nikmat! Pastikan anda membeli untuk buah tangan juga. Pisang gorengnya pun sangat empuk dan manis dalam balutan tepung yang renyah.


Nah, itulah sekilas mengenai kuliner Belitung yang tak boleh dilewatkan. Jangan lupa, datang ke Belitung anda wajib juga island hopping yang pasti membuat ingin datang lagi ke Belitung !!