Minggu, 17 Agustus 2014

Asyiknya Naik Kereta Wisata

Menikmati Kereta Wisata Bali

kereta wisata bali
Kompartemen Utama Kereta Bali


Apa itu kereta wisata? Kereta wisata adalah gerbong carter-an yang disewakan untuk grup sampai dengan 20an orang, dan ditempatkan pada rangkaian kereta api. Produk kereta wisata dikelola oleh PT Indorail, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Karena harganya cukup tinggi, gerbong mewah ini memang ditargetkan untuk menjaring pasar korporasi dan keluarga besar.



Kereta Wisata BALI adalah satu dari empat tipe kereta wisata yang tersedia. Sesuai namanya, kereta wisata ini dilengkapi interior bernuansa Bali. Ketiga kereta wisata lainnya masing-masing adalah Kereta Nusantara, Kereta Toraja dan yang terbaru adalah Kereta Jawa (diluncurkan Oktober 2013).

Selain dari tema interiornya, masing-masing kereta memiliki desain kompartemen yang berbeda sehingga calon penumpang dapat memilih yang paling sesuai. Contoh, untuk Kereta Wisata Bali, Nusantara dan Jawa tempat duduk yang disediakan berupa sofa, dan tersedia ruang pertemuan (meeting room),  sedangkan untuk Kereta wisata Toraja berupa single-seat. Kereta Nusantara dilengkapi kompartemen kamar tidur, sedangkan kereta wisata lainnya tidak. 

train jakarta yogya
Ruang Pertemuan Kereta Wisata Bali


Nah, kalau kita menyewa kereta wisata, kita bisa pilih kota asal dan kota tujuan, lalu gerbong akan ditempelkan ke trayek yang ada. Dalam kesempatan beberapa bulan yang lalu, kami berangkat dari Bandung menuju Yogyakarta menggunakan kereta wisata BALI. Gerbong tersebut ditempelkan di rangkaian kereta Turangga. Harganya? Memang menguras kantong...untuk rute Bandung-Yogya (one-way) kereta wisata Bali dibanderol Rp 21 juta (kapasitas sekitar 22 orang)..tapi pilihan yang okelah untuk pengalaman merasakan naik kereta wisata.

Fasilitas di kereta wisata ini asyik loooh....Kereta BALI dibagi menjadi 3 kompartemen :
pantry, ruang pertemuan (2 sofa 3-seaters) dan ruang utama (4 sofa 4-seaters arah menyamping). Selain itu juga disediakan toilet dengan kloset duduk dan shower air panas dan dingin serta handuk ...mantap kan ! 

VIP train jakarta yogya
Toilet dan Kamar Mandi di Kereta Wisata

Di ruang utama terdapat TV layar lebar yang kami gunakan untuk berkaraoke sepanjang perjalanan. Makan siang yang dihidangkan pun cukup menggugah selera (rendang pedas dengan daging empuk, ayam goreng, sup, dll). Kami bolak-balik pula meminta bandrek, bajigur, kopi, teh, dan sirup pada Bapak dan Ibu Pramugara/i yang ramah dan sigap. Bepergian dengan kereta wisata seperti ini cocok untuk keluarga besar, untuk rombongan dengan teman-teman maupun acara kantor seperti yang kami selenggarakan kemarin.

Oya, sekadar info, kalau berminat menyewa kereta wisata, harap dilakukan jauh-jauh hari karena tingkat okupansi kereta ini sangat tinggi. Selain itu, Indorail juga menyediakan paket wisata berupa perjalanan menggunakan kereta wisata dipadu dengan inland tour di tempat tujuan, misalnya paket Jakarta-Cirebon (day trip maupun bermalam). Kreativitas yang patut dihargai dari PTKA . Boleh dicoba !