Selasa, 21 Agustus 2012

Tips Bepergian ke Luar Negeri Bersama Anak-anak


Berlibur bersama keluarga pasti asyik. Ayah, Ibu, dan anak-anak semua akan bersemangat menghadapinya. Supaya segala hal berjalan lancar, berikut beberapa tips bila kita mengajak anak bepergian ke luar negeri:
1.    Libatkan anak untuk memilih sendiri  pakaian yang akan dibawa, tentunya orangtua memberi arahan mengenai jenis dan kuantitas yang diperlukan. Ini akan menghindarkan keributan yang tidak perlu selama liburan, seperti  “Ma, kenapa koq bawanya baju yang ini, kenapa kaos hijau ku nggak dibawa?”
2.    Pastikan membawa obat-obatan yang mungkin diperlukan, baik obat umum (parasetamol, anti-diare, obat flu, obat luka/plester) maupun obat khusus (obat alergi, obat mata, dan lainnya tergantung kondisi khusus anak).  Supaya tidak ada yang telewatkan, buatlah daftar obat dimulai dari organ tubuh paling atas (kepala) sampai ke paling bawah (kaki).
3.    Bila anak tergolong susah makan alias pemilih, bawa makanan kering yang dia suka, misalnya abon, kering kentang, atau mi instan. Jangan lupa memastikan bahwa makanan ini boleh dibawa masuk ke Negara yang akan dikunjungi.
4.   Ijinkan anak membawa mainan favorit mereka, selama benda tersebut ringkas dan mudah dibawa.Anak-anak yang masih  kecil akan mudah ditenangkan bila mereka ditemani boneka atau selimut kesayangan mereka, terutama bila mereka wajib tidur sambil memegang ‘jimat’ tersebut. Anak-anak yang lebih besar bisa membawa buku cerita, buku gambar, kartu remi, pemutar music, atau Nintendo DS . Buku/mainan bisa membantu mereka mengisi waktu tanpa menjadi rewel karena bosan selama menunggu pesawat, atau saat-saat tertentu di mana mereka letih dan hanya ingin leyeh-leyeh di hotel

'Pooh' dan 'Lala' ikut wisata ke Bali
5.    Biasakan anak membawa backpack/tas masing-masing, bila usianya sudah cukup untuk itu. Tas itu bisa diisi barang pribadi mereka seperti  buku/mainan, topi, tisu, snak, air minum dalam botol. Dengan begitu, selain mereka belajar bertanggung jawab, juga akan membebaskan Ayah dan Ibu dari kewajiban menjadi ‘porter keluarga’ selama liburan.
6.    Anak-anak akan banyak meminta selama di tempat tujuan : beli ini, beli itu, baik berupa makanan, minuman, snak, mainan, souvenir, baju, dan lain-lain. Karenanya bicarakan dengan mereka sebelum berangkat, mengenai  anggaran/ kebijakan untuk masing-masing katagori.  Di keluarga kami, selama liburan di luar negeri anak-anak dilarang minum minuman bersoda, karena perut anak-anak  cenderung cepat diare saat meminum soda (terutama bila perut kosong).  Dengan penjelasan yang tepat sebelum berangkat, maka kami bebas dari rengekan ingin beli minuman soda dan wajah merajuk karena tidak dibolehkan minum soda. 
7.    Biasakan juga membuat daftar teman-teman yang akan diberi souvenir. Dengan daftar ini, akan turut memudahkan orangtua dalam menentukan berapa uang asing yang harus dibeli sebelum berangkat. Selain itu, sejak membuat daftar souvenir, kami tidak lagi memborong souvenir secara berlebihan  :D
8.    Selama di tempat tujuan, pastikan anak-anak selalu cukup minum, terlebih bila cuaca panas. Walaupun minuman dalam kemasan  seperti teh, krisantemum, jus kalengan, dan bahkan air mineral botolan  terasa mahal bila dibandingkan harga di Indonesia,  anda harus membelinya untuk mencukupkan kebutuhan air tubuh.  Ada baiknya membawa serbuk larutan elektrolit (misal, pocari sweat sachet….bukan iklan,lho, tapi contoh nyata) yang tinggal dilarutkan dalam air minum, sehingga anda akan terhindar dari dehidrasi.
9.    Bila anak mengalami kesulitan membuang air besar (sembelit), kemungkinannya karena kekurangan asupan serat dan air. Mengatasinya, saat bangun pagi sebelum sarapan beri anak minum sedikitnya 2 gelas air (air putih lebih baik, tapi bila anak rewel beri dia jus buah/ larutan elektrolit yang rasanya lebih enak disbanding air putih).  Dalam 20 menit air akan masuk ke usus besar dan membantu melunakkan feses. Cara ini terbukti ampuh bagi keluarga kami. Selain itu, upayakan anak mau mengonsumsi buah-buahan.
Dengan persiapan yang baik, dapat dipastikan liburan berjalan menyenangkan bagi semua anggota keluarga. Happy travelling !!